Minggu, 28 April 2013

Rumah : Cara Mengatasi Tampias Air Hujan


Kebocoran pada atap bisa mengakibatkan masuknya air hujan ke dalam rumah ketika hujan datang. Selain karena kebocoran, masuknya air hujan juga dapat disebabkan oleh tampias air hujan tersebut. Bila hujan yang terjadi disertai dengan angin kencang, maka tampias air hujan ini akan semakin terasa dan ada kemungkinan menggenangi rumah.
Biasanya, air tampiasan akan menggenangi area yang berbatasan langsung dengan baigan luar rumah, seperti teras dan balkon. Tetapi, bukan hanya di area tersebut, air juga dapat masuk melalui celah-celah ventilasi udara, jendela, dan pintu.

Tampias air hujan dapat disebabkan oleh bentuk atap yang kurang panjang dan terlalu landai. Bentuk atap yang seperti ini membuat fungsi atap menjadi tidak maksimal untuk melindungi rumah. Dengan demikian, air hujan dapat dengan mudah menggenangi lantai teras rumah serta membasahi dinding rumah.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi tampias air hujan adalah dengan membuat lidah atap atau teritisan atap dengan panjang dan lebar yang sudah disesuaikan. Tujuan pembuatan teritisan ini adalah untuk mencegah air hujan yang jatuh dari tepi atap masuk ke dalam rumah.

Biasanya, perpanjangan dari atap ini berbentuk miring 30° dan mempunyai panjang 80 hingga 100 cm. Untuk lebih menghindari tampias, teritisan dibuat lebih panjang, yaitu 1 hingga 1,2 m yang diukur dari pertemuan antara atap dan kolom teras atau balkon rumah.

Cara lainnya yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat area dalam rumah menjadi lebih tinggi daripada teras. Level lantai ruang bagian dalam rumah dibuat lebih tinggi kurang lebih 5 cm dari lantai teras. Hal ini bertujuan untuk mencegah air masuk ke dalam rumah karena bila hujan sangat lebat, genangan air pada teras tidak bisa dihindari.

Selain cara-cara di atas, ada cara yang lebih untuk mengurangi masuknya air hujan ke dalam rumah. Misalnya saja, Anda dapat menggunakan kerai yang tersusun rapat untuk mengurangi tampias masuk ke dalam teras. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan tanaman rambat.

Untuk mencegah air tampias masuk ke dalam rumah melalu celah-celah kusen pintu dan jendela, Anda dapat menyematkan kain-kain di celah-celah tersebut. Semoga dengan cara tersebut, volume air tampias dapat dikurangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat