Senin, 14 Januari 2013

Kesehatan : Racun Zat Kimia Berbahaya Yang Masuk ke Dalam Tubuh Manusia Hampir Setiap Hari


Sadar tak sadar tubuh kita ibarat spon penyerap racun yang bertebaran dari lingkungan sekitar tempat kita berada. Suka tidak suka racun-racun tersebut masuk ke dalam tubuh kita dan memberikan pengaruh buruk pada tubuh kita. Ada yang dampaknya bisa dirasakan secara langsung oleh tubuh kita dan ada pula yang butuh waktu lama untuk menunjukkan efek negatifnya. Ketika penyakit atau gangguan kesehatan itu muncul, maka semua sudah terlambat dan kita hanya bisa berupaya berobat untuk mengobatinya.
Mari kita lihat dari mana saja berasal zat-zat kimia yang memiliki efek yang buruk bagi kesehatan itu masuk ke tubuh kita :
1. Makanan dan Minuman Kita
Mungkin kita tidak menyadari bahwa ada banyak makanan dan minuman di sekitar kita yang telah terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Contohnya seperti makanan yang mengandung zat pengawet mayat formalin, sayur-sayuran yang mengandung pestisida pembunuh hama, makanan yang telah diperkaya vitamin mineral tambahan secara kimiawi, dan lain sebagainya. Bahan-bahan kimia penyedap rasa, pewarna, perasa buatan, pengatur keasaman, pemanis, dan lain-lain sangat mudah kita temukan di makanan dan minuman saat ini.
2. Udara yang Kita Hirup
Dengan semakin banyaknya kendaraan di jalan raya, makin banyak pabrik industri di sekitar kita, makin banyak pendingin ruangan yang dipasang di berbagai bangunan, makin banyak pembakaran sampah secara tradisional, dan lain sebagainya memperkaya udara dengan polusi udara. Masalahnya adalah kita harus selalu bernapas dengan mengambil udara dari alam bebas, sehingga zat-zat kimia ikut masuk ke dal paru-paru kita.
3. Zat Adiktif
Manusia terkadang meracuni dirinya sendiri dengan hal-hal yang dapat membuatnya menjadi kecanduan. Zat adiktif yang biasa kita temui sehari-hari yaitu seperti narkoba, rokok, minuman keras, dan lain-lain. Barang-barang haram tersebut akan menebarkan zat-zat kimia berbahaya ke dalam tubuh kita yang dampak buruknya mungkin akan kita rasakan dalam jangka panjang. Mungkin pada waktu awalnya hanya coba-coba sekedar ingin tahu, namun akibat dari efek candu yang sangat besar, maka jadilah sebagai pemakai sejati yang sulit untuk berhenti.
4. Peralatan Rumah Tangga Kita
Perlengkapan perawatan tubuh yang mengandung bahan kimia (contoh : shampo, sabun, lulur, kosmetik, pasta gigi, dan lain sebagainya), peralatan makan yang tidak standar untuk makanan (contoh : seperti peralatan makan melamine, sendok garpu kualitas rendahan, kertas/plastik pembungkus, dan lain sebagainya), kesemuanya itu mengandung bahan kimia yang dapat merasuk ke dalam tubuh manusia yang menggunakannya.
5. Gelombang Elektromagnetik dan Radiasi
Gelombang elektromagnetik semakin hari semakin marak berlalu-lalang di sekitar kita. Gelombang-gelombang tersebut dimanfaatkan manusia untuk komunikasi, media massa, dan lain-lain. Ada gelombang radio, gelombang televisi, gelombang wi-fi, gelombang wimax, gelombang telepon seluler, dan lain-lain. Ada peneliti yang berpendapat bahwa gelombang-gelombang tertentu dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita. Di samping itu terdapat radiasi yang secara tidak langsung dapat merusak kesehatan tubuh kita seperti radiasi telepon genggam, radiasi cahaya matahari, dan lain sebagainya.
=====
Jika anda mau sehat selalu, maka kita harus selalu berupaya untuk menjauhi paparan racun zat kimia tersebut di atas. Menghindar adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi paparan zat kimia berbahaya dari lingkungan kita. Mulai belajar dan mempraktekkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari adalah suatu hal yang sangat penting sekali agar terhindar dari berbagai hal yang dapat merusak kesehatan diri kita dan orang-orang yang berada di sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan dengan kata-kata yang sopan dan non SARA..
Kalau sempat, komentar akan saya balas di sini.. Atau lewat Email..
Terima Kasih atas Kunjungan Sobat